Normalisasi Saluran Air agar tidak terjadi Banjir

BN News-Batang

Desa Kutosari Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang ketika hujan turun deras-derasnya, sering kali terjadi banjir. Selain disebabkan oleh curah hujan, banjir terjadi karena air tidak tersalurkan sebagaimana mestinya. Kendati banjir kadang sampai masuk rumah namun dapat segera surut kembali setelah hujan reda selang waktu kurang lebih 1 jam sampai 2 jam.

Tetapi hal ini cukup membuat warga setempat resah.Menyikapi hal tersebut Kades Kutosari Teguh Pamuji dan Babinsa Desa Kutosari Sertu Pursugiyanto Koramil 03/Gringsing dan di bantu Dinas PU Kabupaten Batang,Segera berkordinasi untuk melaksanakan Normalisasi pengerukan pendangkalan tanah yg ada di sepanjang saluran air di pemukiman warga diwilayah  jalur jalan pantura Desa Kutosari.

Oleh sebab itu Babinsa melaporkan situasi keadaan wilayah binaan nya. dan melaksanakan koordinasi dengan atasan. Setelah disetujui oleh Danramil 03/Gringsing Kapten Cba Dwi Kistanto dan perangkat desa setempat maka dilaksanakan karya bakti dengan sasaran normalisasi saluran pembuangan air diwilayah pemukiman warga.

Danramil Kapten Cba Dwi Kistanto juga menyampaikan dirinya mendukung karya bakti sejak mendapat laporan langsung dari Babinsa. “Saya perintahkan Babinsa berkoordinasi dengan pihak desa agar mengerahkan masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan karya bakti, karena musimnya saat ini sering turun hujan,” Imbuh Danramil.

Kepala Desa Kutosari,BapakTeguh Pamuji juga menyampaikan, “Terjadinya air meluap ini diakibatkan bukan hanya dari air hujan saja. Namun datang secara tiba-tiba terdapat air kiriman dari ketinggian hutan Perhutani yang mengalir melalui sungai Kemit ke arah pemukiman warga yang mengalir sampai ke laut”. Menurutnya, jika sejumlah parit atau saluran irigasi dinormasisasi, luapan air bisa mengalir di sejumlah saluran irigasi yang ada di desanya.

Setelah melakukan normalisasi, harapan Teguh Pamuji dan seluruh warga setempat tentunya, saat hujan tiba tidak ada lagi yang namanya kebanjiran. Selain harapan itu air bisa juga dimanfaatkan untuk mengairi sejumlah lahan pertanian di Desa Kutosari khususnya. “Jadi dari kegiatan normalisasi saluran irigasi ini ada dua manfaat. Satu, tidak kebanjiran dan kedua lahan pertanian di Desa Kutosari tercukupi dengan kebutuhan air,” jelas Kades Teguh Pamuji

“Kehadiran Babinsa sangat di butuhkan oleh warga masyarakat.Karena Babinsa sangat membantu dan mempermudah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan lingkungan dan lain-lain di sekitar lingkungan masyarakat kita”. Ujar Ibu kadus Kholifah.

Dalam giat tersebut sebut di hadiri oleh Danramil 03/Gringsing Kapten Cba Dwi Kistanto, Babinsa Desa Kutosari Sertu Pursugiyanto, Sekcam Gringsing Suratno, Kades Kutosari Teguh Pamuji,Perangkat Desa Kutosari, Dinas PU Kabupaten Batang. Warga Masyarakat Desa Kutosari.  (Pendim Batang).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: