Babinsa : Cegah Demam Berdarah Melalui 3 M

BN News- Sragen

Kamis, 23 Januari 2020 pukul  08.35 – 09.15 Wib, Babinsa Karangtengah Koramil 01/Sragen Serma Harun Yunianto melaksanakan Komsos kepada Warga Kerisan Rt 02/04 Kel. Karangtengah, Kec/Kab. Sragen.

Babinsa DBD menjelaskan demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. Demam berdarah merupakan penyakit yang mudah menular. Sarana penularan demam berdarah sendiri berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua nyamuk dapat menggigit di pagi hari sampai sore menjelang petang. Penularan terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus dengue, ketika nyamuk tersebut mengigit orang lain, maka virus akan tersebar. Hal tersebut terjadi karena nyamuk berperan sebagai medium pembawa (carrier) virus dengue tersebut.

Perkembangbiakan nyamuk demam berdarah  pada musim penghujan di genangan air yang bersih, agar seminggu sekali melaksanakan kerja bakti pembersihan lingkungan dengan cara 3 M : Membersihkan/menguras, Menutup dan mengubur.

“Peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan, ini dari masyarakat untuk masyarakat. Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci utama memberantas penyakit, apapun itu, dalam hal ini DBD,” pungkas Harun.  (Pendim Sragen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: