Prajurit Kodim 0913/PPU Membentuk Karakter CPNS melalui PBB

BN News-Penajam.

Dalam rangka pemberian bekal kepada Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) sebelum memasuki dunia kerja, Serka Siroto bersama Sertu Sutisno dan Sertu Hijral yang merupakan anggota Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), melaksanakan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para CPNS  golongan II dan III sebanyak 79 orang di halaman belakang Mess Pemkab PPU Jl. Provinsi Km 08 Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kamis (22/1/2020).

“Peraturan Baris-berbaris sendiri merupakan suatu wujud latihan ketangkasan yang diperlukan untuk menanamkan kedisiplinan dalam kehidupan militer yang diarahkan pada terbentuknya suatu sikap dan perwatakan tertentu. Pengetahuan dan ketangkasan baris berbaris juga merupakan bekal dasar yang harus dimiliki setiap pemuda sehingga mempunyai disiplin dan rasa percaya diri yang tinggi”, jelas Serka Siroto.

Ia juga menambahkan,”Bahwa seorang pelatih/komandan/pimpinan harus benar–benar memiliki pengetahuan dan ketangkasan PBB secara mendalam agar ia mampu membekali dan melatih segenap anggotanya dalam rangka mewujudkan bentuk sikap disiplin serta mewujudkan jiwa korsa yang handal dalam satuannya”.

“Tujuan pelatihan PBB kepada CPNS sendiri yakni untuk memiliki rasa disiplin, loyalitas, rasa persatuan dan kesatuan, membentuk jiwa yang tanggap, tangguh, trengginas, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan. Lelah dan panas mungkin mereka rasakan, namun dari kegiatan ini mereka dapat mengambil manfaat yang luar biasa seperti sikap disiplin, kebersamaan, keteraturan dan konsentrasi.” tuturnya

Dirinya juga berharap kepada para calon PNS tersebut agar kedepannya mereka dapat mengingat dan mempraktekkan PBB di kemudian hari. Sehingga saat diperlukan seperti dalam upacara maupun apel, wawasan tentang PBB yang saat ini dilakukan dapat berguna, pintanya.

Salah satu peserta  bernama Sella yang merupakan guru honorer di salah satu SMP PPU mengucapkan terima kasih kepada Serka Siroto bersama Sertu Sutisno dan Sertu Hijral yang telah berperan aktif dalam membina CPNS melalui kegiatan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini. (Her).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: