Posyandu Karangsetra Terbaik Di Kecamatan Cidaun

BN News-Cianjur.

Posyandu Karangsetra , Desa Karangwangi   Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur-Jawa Barat, kini menjadi terbaik di tingkat  kecamatan tersebut,  sehingga mewakili Kecamatan Cidaun dalam kegiatan pembinaan  Posyandu unggulan untuk tingkat Kabupaten Cianjur.

Menurut Kepala Desa Karangwangi,  Posyandu Karangsetra  Desa Karangwangi pada Kegiatan pembinaan posyandu unggulan dari forum KB kabupaten Cianjur,  saat ini berhasil dan dipercaya  untuk mewakili kecamatan Cidaun pada  tingkat kabupaten  yang nantinya kalau berhasil mewakili Kabupaten  Cianjur ke tingkat Jabar.

“Alhamdulillah keberhasilam ini  merupakan  kerjasama semua pihak yang ada di Desa Karangwangi, dalam melaksanakan ragam kegiatan yang ada di Posyandu, khusus  Posyandu Karangsetra ini,” ujar Kepala Desa Karangwangi, Hasanm S.Pd    kepada Bela Negara News belum lama ini.

Ditambahkannya pula, di Posyandu Karangsetra banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan  apalagi Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Serta  manfaat Posyandu salah satunya  memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

“ Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula,” ujar Hasan.

Dijelaskannya juga, KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.

“Pokonya di Karangwangi sudah lengkap, beragam kegiatan dilaksanakan. Malah untuk fasilitas tempat pun seperti saung sawala sudah ada,”  Kata Hasan.   (Wawan Kusmiran).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: