Kodim 0725/Sragen Berikan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dalam LDKM Politeknik Indonusa Surakarta

BN NEWS – Sragen .

Anggota kodim 0725/Sragen yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari, Serma Muklisin, Serma Harun Yunianto, Serka Budi Santoso, Serka Eko, serda Laode Yasmin, serda Indrawan melaksanakan pelatihan kepada Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta di Bumi Perkemahan Ki Ageng Srenggi Ds. Dawung, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen Pada Hari Selasa Tanggal 28 Januari 2020 Pukul 08.00 s.d 11.30 Wib.

 

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Dari Politeknik Indonusa Surakarta Tahun 2020 yang bertujuan meningkatkan jiwa kepemimpinan berkarakter disiplin bertanggung jawab dan berjiwa sosial yang berdasarkan kekeluargaan, yang berjumlah 57 orang.

Kegiatan tersebut antara lain memberikan wawasan kebangsaan yang di sampaikan Serma Harun Yunianto tentang mengimplemantikan pancasila di kehidupan masyarakat, yang intinya dalam kehidupan sehari hari harus menerapkan teloransi, Menghormati dan menghargai, musyawarah, persatuan, keberagaman, serta keadilan, gotong royong.

Serta menyampaikan ancaman terkini tentang era globalisasi yang meliputi Perang Budaya, Perang Biologi, Perang  Keuanga, Perang Cyber, Perang Media, perang Lingkungan serta Perang Narkoba.

Menurutnya, pada tahun 2065 diprediksi akan mengalami krisis energi yaitu cadangan minyak bumi akan habis. Hal itu akan tergantikan dengan sumber daya yaitu sumber daya hayati atau sumber daya dari tumbuh-tumbuhan yang berada di negara yang dilewati garis khatulistiwa yang termasuk adalah negara indonesia.

“Menurut survei yang telah dilakukan mahasiswa dan pelajar di Indonesia sudah terpapar radikal sebesar 23%. Oleh karena itu, lewat penanaman wawasan kebangsaan yaitu menanamkan kembali ideologi Pancasila dengan cara cara mengimplementasikan Pancasila di kehidupan sehari-hari. Yang meliputi toleransi antar beragama saling menghormati menghargai keberagaman menjaga persatuan, kesatuan dan menjaga kerukunan. Serta menumbuhkan kebudayaan Indonesia sehingga terciptalah cinta tanah air.

Menurut Lina Amelia Oktaviana selaku Wakil Presiden Mahasiswa pada materi yang disampaikan sangat mempengaruhi dari mahasiswa, dengan materi tersebut dapat meningkatkan kwalitas generasi penerus bangsa, sehingga bisa mengimplementasikan Pancasila di kehidupan keluarga, lingkungan masyarakat, serta lingkungan Kampus.

Kegiatan yang menumbukan kekompakan yaitu kegiatan out bond yang bertujuan untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri yang di pimpin oleh Serma Muhklisin

Permainan yang di sampaikan antara lain Borduser, holahub, bola tali, tongkat estafet.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: