Cianjur Berhasil Turunkan Tingkat Pengangguran Terbuka

Hallo Cianjur.Com. Cianjur Kota.

Salah satu MISI guna pencapaian Visi Kabupaten Cianjur Lebih Maju dan Agamis”, sebagaimana dalam RPJMD Kabupaten Cianjur Tahun 2016 – 2021 adalah “Meningkatkan pembangunan manusia di melalui akselerasi di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi”, hal mana salah satu tujuan dari MISI tersebut yang berkaitan dengan urusan ketenagakerjaan adalah peningkatan pembangunan manusia pada bidang ekonomi dengan sasaran “menguatnya ekonomi daerah”,  dengan indikator kinerja adalah menurunnya TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA (TPT) di Kabupaten Cianjur.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Cianjur, Heri Supardjo,  menyebutkan bahwa  Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) adalah data makro yang diolah dan diterbitkan oleh BPS, hal mana berdasarkan data BPS pada Tahun 2019 telah meliris bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Cianjur adalah 9,72 % sedangkan pada tahun 2018 adalah sebesar 10.16% sehingga dengan demikian dari data tersebut menunjukan hal yang positif karena telah terjadi penurunan angka pengangguran di Kabupaten Cianjur sebesar 0,44 %. Bahkan pencapaian angka 9.72% tersebut telah melampaui target penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dalam periode akhir RPJMD (2021) yang ditargetkan sebesar 10,10 %.

Tercapainya target penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Cianjur antara lain didukung oleh banyaknya investasi yang masuk ke Kabupaten Cianjur sehingga menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kabupaten Cianjur, hal ini tidak terlepas pula dari kebijakan Pemerintah yang memberikan kemudahan dan rasa aman bagi para investor untuk berinvestasi di wilayah Kabupaten Cianjur.

“ Di sisi lain Upaya – upaya yang telah dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan trnasmigrasi Cianjur sendiri dalam  menunjang pencapaian penurunan pengangguran di Kabupaten Cianjur adalah dengan menyelenggarakan beberapa program/kegiatan,” kata  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Cianjur, Heri Supardjo.

Ditambahkannya pula. pelaksanaan pelayanan data dan informasi mengenai lowongan kerja dalam negeri dan luar negeri, menjalankan fungsi pengantar kerja dari data pencari kerja terdaftar (Pelayanan AK-1), hal mana untuk data dan informasi lowongan kerja maka para pencari kerja dapat membuka Bursa Kerja Online (BKOL) Disnakertrans Cianjur. Adapun Rekapitulasi Penempatan Tenaga Kerja yang terdata pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur (data sektoral) untuk penempatan kerja formal dan Informal per Tahun 2016 – 2019 adalah sbb

 

Tahun   Penempatan Kerja          Jumlah

Formal

(Dalam / Luar Negeri)     Informal

(Di luar Hubungan Kerja / tanpa Perjanjian Kerja)

2016       5481       100         5581

2017       10203    11291    21494

2018       12280    23902    36182

2019       12862    13902    16027

Jumlah  40826     49195     90021

 

Penempatan tenaga kerja formal pada tahun 2016 – 2019 di atas diperoleh melalui pelaksanaan Pameran Kesempatan Kerja, Pelaksanaan pendataan penempatan ke perusahaan (job canvassing) dan laporan dari Bursa Kerja Khusus). Adapun untuk informal diperoleh dari data UMKM, yang diberikan pelatihan menjadi Tenaga Kerja Mandiri (TKM), pelaksanaan padat karya infrastruktur, dan kegiatan pemerintah yang melibatkan tenaga kerja.

Menyelenggarakan pelayanan penempatan tenaga kerja melalui Pameran Kesempatan Kerja (Kegiatan Penyediaan Lapangan Kerja Formal/Informal Sub Kegiatan Jobfair)

Menyelenggarakan pembekalan kepada kelompok masyarakat agar menjadi Tenaga Kerja Mandiri (TKM / Pekerja diluar hubungan kerja) dan Menyiapkan angkatan kerja yang berkualitas dan berdaya saing dengan mengadakan kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi dan berbasis kewirausahaan.       (Dian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: