Pemkab Cianjur Dukung Langkah Haeruman Terus Bantu Petani

Hallo Cianjur.Com.- Cianjur Kota

Langkah  Haeruman, akrab dipanggil Aang Heru,  yang  terus mensosialisasikan    penyubur  tanah  organik ABA 308 akhirnya cukup positif membawa perubahan bagi peningkatan keuntungan hasil panen para petani  di Kabupaten  Cianjur.  Pelaku pemberdayaan ekonomi dibidang pertanian ini,  kini makin menunjukan kiprahnya. Sehingga ABA 308 sudah dianggap  menjadi kebutuhan petani di Cianjur.

Ada  nilai lain yang dilakukan Heru, dimana tidak semua komersil,  namun banyak pula gerakan sosial yang dilaksanakannya. Salah satunya dengan penyuluhan  agar petani sadar tentang pentingnya untuk menjaga dan memelihara kesuburan tanah dilahan  pertaniannya.  Disamping bantuan ABA 308.

Tanpa kenal lelah,  Heru  yang juga salah seorang aktivis pertanian  ini  berkeliling ke sejumlah wilayah  yang ada di Cianjur untuk memandu dan mendampingi para petani agar mendapatkan hasil panen yang  meningkat. Baik petani padi, palawija atau pun  sayuran.

Sementara  saat  dimintai komentarnya,   tentang  keberhasilan  petani  muda Cianjur yang sukses menjalankan usaha dibidang  pertanian, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano, SP.MP   yang  didampingi Kabag Humas dan Protokoler Setda Cianjur, Iyus Yusuf  membenarkan banyaknya petani muda Cianjur yang saat ini sukses usaha di bidang pertanian.

“Alhamdulillah Pak Ka Bag leres petani Milenial kita sudah semakin maju dan kita dorong  serta kita fasilitasi terus supaya lebih maju, mandiri dan modern, itu baru sebagian keberhasilan mereka karena masih banyak lagi keberhasilan lainnya,” ujar Kepala  Dinas Peertanian Kab. Cianjur, Mamad Nano.

Disebutkannya pula, keberhasilan Kabupaten  Cianjur saat ini  telah berhasil  Mengelola sub terminal Agribisnis sekarang  sudah bisa  eksport manggis ke Qatar, terus  rencana Kerjasama dengan  Korea membuat 2 smart green house di warungkondang.

Disebutkannya pula, Korporasi cabe kerjasama tri partit antara koperasi petani Milenial dgn IPB dan BI . “ Alahmadulillah  MOU nya  sudah ditandatangani  di saksikan Pa Bupati di pendopo,” ujar Mamad Nano.

Menurut Kadis Pertanian Kab. Cianjur tersebut, khusus  untuk  Kang  Haeruman kami dari Dinas Pertanian sangat mengapresiasi sekali atas inovasinya. Mengingat peningkatan produksi pertanian  sekarang ini harus  mengarah pada organik, karena selain ramah lingkungan, bebas dari residu pestisida juga sangat di sukai oleh para konsumen terutama dari luar negeri. Kita pun sekarang dalam meningkatkan produksi baik tanaman pangan maupun Horti di arahkan melalui organik baik pemupukan maupun pemberantasan H/P dgn menggunakan pestisida alami.

Ditambahkan Kabag Humas, Iyus Yusuf bahwa  saat ini ada 4 org petani  Milenial  dari  Cianjur menjadi duta Milenial Tk. nasional yg ditunjuk oleh menteri,  dan masih  banyak prestasi lainnya dari mereka.

Seperti  ditulis sebelumnya,  petani dan penggerak pertanian dari kalangan muda terus menujukan kiprahnya untuk kemajuan pertanian di Kab. Cianjur, seperti  Sandi dari Mitra Tani Parahyangan, Ade Basri dari  Agro Horticultur Syariah, Hendar Suhendar Tani muda dari Campaka Mulya serta Haeruman  aktivis peningkatan kesuburan tanah.   (Wan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: