Kecamatan Mande Dilubangi 500 LRB

Hallo Cianjur – Mande

Pada Bulan Pebruari sampai Maret 2020, Kecamatan  Mande akan terus dilubangi  dengan 500 Lubang Resapan Biopori (LRB). Dan Kegiatan tersebut dilaksanakan  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur  bersama sama warga setempat.

Menurut Kepala Seksi Kerusakan lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cianjur, Meidy Prasetya.  kegiatan pembuatan  Lubang Resapan Biopori (LRB)  merupakan kegiatan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur tahun 2020,  dimana  lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna yang bermanfaat untuk mengurangi genangan air (sebagai media resapan air) dan berfungsi juga untuk mengelola sampah organik .

Dan Kegiatan tersebut, dijelaskan Kepala Seksi Kerusakan lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cianjur, Meidy Prasetya.  Sebagai  upaya  menanggulangi air limpasan  yang membawa sendimentasi di wilayah DAS Citarum, dan hal ini sebagai upaya kabupaten Cianjur dalam kegiatan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) Bupati tahun 2020. Salah satunya  dengan memberikan percontohan  kepada masyarakat dalam upaya penanggulangan  alir limpasan dan pengelolaan sampah  organik.

“Selain itu, untuk mengurangi bencana banjir akibat limpasan air hujan,  memelihara dan meningkatkan produktiviras  tanah,   mengurangi volume timbulan sampah  dan antisipasi bencana kekeringan,” ujar Kepala Seksi Kerusakan lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cianjur, Meidy Prasetya.

Diharapkannya pengelolaan ruang terbuka hijau dan konservasi tanah dan air  dalam hal ini pembuatan lubang resapan biopori tidak hanya dilakukan oleh pihak pemerintah saja kiranya perlu mandapat dukuangan dari semua pihak  terutama keterlibatan masyarakat dan pihak swasta sehingga kejadian bencana  seperti banjir dan keringan di cianjur dapat diminimalisir.

“ Harapan ke depan masyarakat dan pihak swasta  secara swadaya dapat membuat lubang  resapan biopori  sehingga pada tahun 2020 bisa mencapai 1 juta LRB di Kab, Cianjur.” Ungkapnya.

(Dian  Rahadian).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: