SPKP Giri Mukti Lestarikan Aren Desa Kemang -Bojongpicung

HALLO CIANJUR-   Bojongpicung.

Aren dari Desa Kemang, Kecamatan Bojongpicung  merupakan salah satu aren terbaik yang ada di  Provinsi Jawa Barat. Dan hal tersebut, terbukti dengan produksi gula aren dari desa  itu  cukup berkualitas dan masih bisa bertahan sampai saat ini.

Kelestarian aren kemang, tidak terlepas dari upaya  yang dilaksanakan oleh  Sentra Penyuluh Kehutanan Pedesaan (SPKP) Giri Mukti yang membawahi empat kelompok seperti kelompok Giri Mukti, Mekarwangi, Tunas Mekar dan kelompok Pasir Tanjung. Maka dengan keberhasilan tersebut SPKP Giri Mukti  menjadi salah satu  komunitas teknologi dan komunikasi terbaik di Jawa Barat mewakili Kabupaten Cianjur.

Menurut  Ketua SPKP  Giri Mukti  dari Desa Kemang, Saepuloh, S.Pd.SD  menyebutkan alasan  SPKP  Giri Mukti  Lestarikan Aren  Desa Kemang  karena salah satunya Aren bagi Desa Kemang Kecamatan Bojongpicung sudah menjadi komoditi unggulan yang sudah membawa harum desa kemang dari dulu sampai saat ini.

Selain itu, disebutkan  Ketua SPKP  Giri Mukti  dari Desa Kemang, Saepuloh, S.Pd.SD  dengan mengolah nira aren menjadi gula aren di Desa Kemang sudah menjadi mata pencaharian utama yang tidak berhenti dari dulu  sampai saat ini.  Malah dengan membuat gula aren banyak diantara warga Desa Kemang yang bisa  menyekolahkan anaknya hingga sukses.

“Maka  kami dari SPKP  Giri Mukti  akan terus menjaga dan melestarikan pohon aren di Desa Kemang ini, malah saya sangat  bangga kepada Pemerintah Desa (Pemdes)  Kemang sudah memiliki Perdes yang mengatur soal pohon aren,” kata Saepuloh.

Bahkan disebutkannya pula, bahwa  pihaknya akan selalu  mendukung program pemerintah provinsi  maupun daerah, yang   saat ini terus memperhatikan kesinambungan alam bagi kelestarian beragam komoditi sebagai sumber kehidupan warga di pedesaan.

Sementara itu, PJS Desa Kemang Wawan Suhendar membenarkan bahwa potensi aren di Desa Kemang sangat berpotensi dan  menjadi andalan.  (Die R-HALLO Cjr).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: