Pemkab Cianjur Tentukan Pelaksanaan Kewajiban ZIS

HALLO  CIANJUR- Cianjur.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur,  dengan edaran surat nomor 450/2587/Kesra/2020 perihal pelaksanaan kewajiban Zakat, Infak, Sedekah/ DSKL  dan harga perkulak zakat fitrah tahun 2020  M/1441 H.

Menurut Plt. Bupati Cianjur, H. Herman Suherman bahwa pelaksanaan kewajiban zakat yang ditetapkan dengan uang khususnya utnuk ASN/TNI/POLRI di kabupaten Cianjur, dilaksanakan melalui penghasilan yang diterima pada bulan Ramadhan 1441 H. Dengan ketentuan harga sebesar Rp. 30.000,00 dan Rp 40.000,00 atau dengan beras yang biasa dikonsumsinya sebanyak 1 (satu) kulak.

Zakat fitrah ASN/TNI/POLRI dapat dibayarkan melalui unit pengumpulan zakat (UPZ)Dinas, Badan, Lembaga, Kantor/Instansi, Perangkat Daerah, BUMN/BUMD masing-masing pada saat penerimaan gaji bulan Mei 2020.

Zakat fitrah masyarakat umum dibayarkan melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di DKM/RW/Madrasah/Sekolah, Pembayaran diharapkan dengan uang sesuai dengan nilai harga beras yang biasa di konsumsinya.

Zakat Mal

Nishab Zakat (ketentuan batas minimal wajib zakat) Mal/Profesi/Penghasilan/Gaji yaitu senilai 85 gram Emas Murni, maka wajib mengeluarkan zakatnya sebesar 2,3% dan dibayarkan melalui UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) Dinas, Badan, Lembaga, Kantor/Instansi, Perangkat Daerah, BUMN/BUMD dan kecamatan atau ke BAZNAS Kabupaten baik satu kali setahun atau dapat dilaksanakan setiap menerima penghasilan (gaji, honor, tunjangan,dsb).

Apabila ASN/TNI/POLRI, Pengusaha dan Masyarakat Umum yang memiliki kekayaan sebagaimana tercantum dalam Tabel Zakat yang dikeluarkan oleh peraturan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Syarat Dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif, agar menunaikan kewajiban zakatnya melalui BAZNAS / UPZ sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

“Bagi ASN/TNI/POLRI yang belum mencapai nishab atau memperoleh penghasilankurang dari 85 gram Emas Murni, dianjurkan untuk mengeluarkan infak bulanan melalui BAZNAS/UPZ masing – masing dengan ketentuan sebagai berikut :  Golongan I    Rp   10.000,-/bulan,  Golongan II Rp                               20.000,-/bulan,  Golongan III      Rp   30.000,-/bulan dan  Golongan IV      Rp                               60.000,-/bulan,” ujarnya.   (Wawan Kusmiran)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: