Nenden Raspati Rohaniawati : Mengolah Sampah Jadi Bernilai Tinggi

HALLO CIANJUR- Cianjur.

Sampah tidak selamanya menjijikan, ternyata sampah diolah bisa bernilai dan manfaat bagi kehidupan. Hal demikian sudah dibuktikan dengan  alat daur ulang sampah organik 120C, yang  resmi diluncurkan di komplek Gading Asri, -Bojong Kecamatan Karangtengah.

Menurut Koordinator Project 120C, Nenden Raspati R, SH,  target  pengolahan sampah dengan  TTG 12OC ddapat  dilakukan di lingkungan tingkat RT, sehingga dampak positif yang diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran.

Disebutan , Nenden Raspati R, SH,  Alat pengolahan atau daur ulang sampah organik dan anorganik 120C, yang menggunakan bahan dasar lokal, dan berfungsi menghasilkan carbon aktif sebagai bahan bakar alternatif (briket), juga bisa untuk perawatan kulit charcoal masker, lulur dan lainnya. Juga sabun batang charcoa.

“ Sampah diolah bermanfaat sebagai  engergi  alternatif mengatasi naiknya harga gas untuk  kebutuhan rumah tangga sehari hari, atau untuk  keperluan bahan bakar di pabrik pabrik, seperti di pabrik  tahu atau tempe dan lainnya,” ujar Nenden.

Pengelolaan sampah yang ada di sekitar kita itu menggunakan tekhnologi tinggi. Pihaknya akan mencoba menginisiasi bagaimana caranya agar pengelolaan sampah yang ada di kita bisa di kelola secara langsung oleh masyarakat.

Tentunya dari dasar pemikiran seperti itu berarti kita harus menggunakan tekhnologi tepat guna yang menggunakan manufaktur yang bisa didapat secara mudah, artinya produk lokal, dan alatnya bisa di fungsikan oleh masyarakat secara langsung

“ Aroma briket dapat  dimodifikasi sesuai request, terutama untuk  konsumen yang menginginkan aroma tertentu (daun pandan, suji, sirih),”ujarnya

Dijelaskannya pula,  Charcoal yang  diolah jadi black mask kedepannya bisa mmbuka peluang usaha salon untuk Ibu ibu, bahkan  kalau  produksi charcoal sudah mencapai 5 ton per bulan, ini dapat memenuhi requeast PT Unilever,  Untuk bahan  dasar  pasta gigi dan sabun cuci piring/sendok.

Sementara itu, Kepala Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Yudi Pratidi, ST, MM saat dihubungi Hallocianjur.Com  menyambut baik dengan adanya alat 120C, karena dirasa dapat membantu DLH dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan sampah.

(Die RR/HALLOCjr).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: