Pemkab Cianjur Bisa Ajukan H. Herman Suherman Sebagai Bupati Cianjur ?

Hallo Cianjur- Cianjur Kota

Dengan ditolaknya kasasi IRM oleh MA, maka  telah inkrah dan mempunyai kekuatan hukum tetap, seperti baru lalu sehingga banyak disebutkan,  pemerintah Kabupaten Cianjur bisa mengajukan H. Herman Suherman yang saat ini statusnya Plt Bupati bisa diajukan sebagai Bupati Cianjur

Pengamat hukum Cianjur, Dr Yudi Junadi mengatakan, Sesuai UU Otda, Wakil Bupati atau Plt Bupati akan secara otomatis (tidak melalui DPRD) tetapi diangkat oleh Mendagri  melalui Gubernur.Setelah Bupati non aktif dinyatakan bersalah dalam putusan inkracht  pengadilan korupsi.

Jadi tinggal menunggu pemberhentian tetap IRM dari Mendagri, lalu usulan dari Pemda agar wakil Bupati /Plt diangkat jadi Bupati.

“Karena masa jabatan Bupati Cianjur kurang dari 18 bulan maka tidak ada wakil bupati yg pengisian jabatannya melalui DPRD dan jabatan Bupati yg dibawah 18 bulan itu  tdk dihitung satu periode.”ujar Yudi Junadi.

Dijelaskannya pula,  tergantung dari Pemkab Cianjur apakah akan mengajukan kepada Kemendagri atau tidak untuk mendapatkan bupati definitif. “Pak Herman 100 persen sudah mempunyai kewenangan, persoalan kapan diajukan ini bersifat paket dan mempunyai itung-itungannya,” kata pengamat hukum dan  politik tersebut.

Sementara itu kasus korupsi yang  menjerat Bupati Cianjur non aktif Irfan Rivano Muchtar telah memasuki babak akhir.  Kasasi yang diajukan terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum ditolak oleh Mahkamah Agung. Sehingga tertera informasi bahwa perkara dengan nomer register 1505 K/PID.SUS/2020 dengan nomer perkara di pengadilan tingkat pertama 31/Pid.Sus.Tpk/2019/PN.Bdg, status nya sudah putus dengan tanggal putusan 20 Mei 2020 .  (Die R/ Hallo Cjr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: