Yudianto Inisiator Pengembangan Pisang Buah Di Desa Jatisari

HALLO CIANJUR- Bojongpicung

Warga asal Jatisari, Yudianto pemilik Cinde Wulung Farm, patut di jadikan isnpirasi bagi warga tani lainnya di Kecamatan Bojongpicung, Kab. Cianjur, saat ini,  dengan menekuni dunia pertanian dia mampu menjadi salah satu pemasok buah pisang ke Bumdes Sukarama atau pun ke pembeli lainnya yang ada di Kabupaten Cianjur, bahkan pengembangan budidaya pisang buah yang makin langka kini mulai diminati lagi para petani setempat.

Tidak butuh berkantor seperti cita – cita warga yang  lain seumuranya, berbekal tanah seluas 10  ha yang ia garap dan berbekal kesabaranya dalam merawat kebun pisang yang dimilikinya dalam waktu dua tahun  Yudianto  merasakan manisnya aneka pisang  yang di budidayakan di lahan miliknya.

Yudianto yang akrab dipanggil A Yudi, mengaku baru dua  tahun ini menggarap tanaman pisang, lahan seluas 5 ha yang sudah ditanami pisang nangka, pisang raja bulu, pisang galek dan jenis lainnya . dan saat ini sudah panen dalam dua minggu sekali.

“Bersyukur kami telah bisa merasakan hasil panen, dan saat ini  menjadi catatan bagi kami untuk terus meningkatkan pemeliharaannya,” ujar Yudianto ketika dihubungi Hallo Cianjur di perkebunan pisangnya di Pasir Cinde-Jatisari.

Kini ia bisa dikatakan sudah sukses, untuk perluasan lahan kebun pisang  sudah bisa ia beli hasil dari berkebun pisang, tujuannya untuk meningkatkan produksi agar jangkauan pemasaran buah – buah pisangnya bisa terus menyebar.

Kini Yudianto  sudah mulai merasakan manisnya bertani pisang, dari pernyataannya yang langsung disampaiakan ke Hallo Cianjur dalam wawancaranya mengatakan bahwa dalam perawatanya ia gunakan cara bertani semi organik.

“Pupuk dasar yang digunakan  saya adalah pupuk kandang hasil  membeli dari kandang kandang peternak yang ada di sekitar sini, sehingga semua bisa saling memberi manfaat,” ujar Yudianto.  (Wk/Hallo Cianjur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: