Jelang Idul Adha, Gencar Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban-Penyembelihan

HALLOCIANJUR- Kadupandak.

Hari raya kurban sudah berasa, ditandai dengan dibentuknya tim medis kesehatan hewan kurban dari Dinas Klauatan, Peternakan dan Perikanan (Dislutperikan) Kabupaten Cianjur.

Hewan kurban maupun hewan ternak/ peliharaan warga, terutama yang terjangkau oleh tim medis atau dokter hewan akan diperiksa, sebagai upaya pencegahan penyakit berbahaya pada hewan seperti antraks dan lainnya.

“Hewan-hewan yang diperiksa tidak hanya yang didatangkan pengusaha dari luar Cianjur, tapi juga hewan milik warga,” kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Kelautan dan Peternakan Cianjur, M Agung Ariyanto.

Artinya, lanjut Agung, tim dokter hewan akan melayani ternak milik warga dalam menjelang hari Raya Idul Adha tahun ini. Dinas Peternakan, kata Agung, telah membentuk tim medis di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di beberapa kecamatan untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

“Menjelang Idul Adha di masa pandemi ini, kami menyiapkan tim medis yang akan ditempatkan di beberapa UPTD,” ujarnya pria lulusan IPB Bogor ini.

Menurut Agung, tim medis yang berada di UPTD kecamatan akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang diperjualbelikan atau yang akan dikurbankan milik warga di berbagai wilayah.

Selain itu, Pemkab Cianjur melalui Dislutperikan juga akan memperketat protokol kesehatan, terutama pada saat penyembelihan hewan kurban, tujuannya untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19.

Salah satu yang menjadi perhatian, yakni pengemasan hewan kurban yang dibagikan ke warga. Apalagi, proses hewan kurban berantingnya cukup panjang, maka pihaknya punya perhatian terhadap pergeseran hewan kurban dari tempat yang satu ke yang lain sehingga lebih terjaga protokol Covid-19.

“Jadi mulai dari pemeriksaan, pemilihan hewan kurban, penyembelihan, hingga pembagian daging kurban,” pungkasnya. (sar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: