Kadis Pariwisata Yudi ferdiana : Diperlukan Penataan Penyelenggaraan Wisata Berbasis Kesehatan.

HALLO CIANJUR- Cipanas.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kab,  Cianjur,      Yudi ferdiana  menyebutkan bahwa diperlukan penataan penyelenggaraan berbagai kegiatan dengan prioritas kesehatan masyarakat.

“Dalam rangka persiapan menghadapi adaptasi kebiasaan baru mewujudkan masyarakat produktif yang bersih, sehat dan aman (clean, health and safety) terhadap Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), diperlukan penataan penyelenggaraan berbagai kegiatan dengan prioritas kesehatan masyarakat.” Ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kab,  Cianjur,      Yudi ferdiana  kepada HALLO CIANJUR  belum lama ini.

Disebutkan Yudi, pelaksanaan penyelenggaraan kepariwisataan, kepemudaan dan olahraga di Kabupaten Cianjur saat ini mengacu pada Surat Edaran Bupati Cianjur Nomor 556/3535/DISPARPORA tentang pedoman penyelenggaraan kepariwisataan, pemuda dan olahraga dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Cianjur.

Dalam SE tersebut disebutkan, penyelenggaraan aktifitas masyarakat dan usaha pada sektor wisata, kepemudaan dan olahraga di Kabupaten Cianjur dijinkan/diperbolehkan diselenggarankan dengan mengikuti Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang disesuaikan dengan tingkat risiko wilayah penyebaran Covid-19 / level kewaspadaan daerah serta mengacu pada ketentuan pemberlakuan pembukaan tempat dan fasilitas umum yang ditetapkan oleh pemerintah pusat atau pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur sesuai dengan kewenangannya.

Selain itu, Pimpinan Perusahaan/Pengelola wajib membuat surat pernyataan kesanggupan melaksanakan/menyelengarakan protokol kesehatan Covid-19 pada tempat yang dikelola dan wajib dilakukan upaya mitigasi penularan Covid-19 bagi pekerja, pengunjung dan masyarakat pengguna jasa akomodasi ini dan wajib membentuk satuan gugus tugas Covid-19 internal yang bertugas untuk melakukan pengawasan ketat pelaksanaan protokol kesehatan terhadap karyawan dan pengunjung.

“Gugus tugas internal wajib melakukan koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur dan menyediakan hotline. Pimpinan Perusahaan/Pengelola juga wajib menyelenggarakan Protokol Kesehatan dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.” Ujarnya.

Lebih lanjut disebutkannya pula, Disparpora berperan sebagai tim monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kepariwisataan, kepemudaan dan olahraga bersama-sama dengan Bagian Ekomoni, Dinas Kesehatan, BPBD, Pol PP dan TNI/Polri dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur di bawah koordinator Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur. (Die RR/HALLO Cjr).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: