POR PKBM Kab. Cianjur di Pusatkan Di Cidaun

HALLO CIANJUR-Cianjur.

ADA   waktunya para tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) olahraga bersama. Seperti dalam Pekan Olahraga (POR) PKBM Kabupaten Cianjur yang dihelat di Kecamatan Cidaun pada Rabu (2/9/2020) lalu.

Di lokasi, olahraga ini dilaksanakan sehari, dengan peserta para pendidik atau tutor PKBM paket A B dan C. Mereka mengikuti pertandingan cabang voli, sepak bola mini atau mini soccer dan tenis meja (pingpong).

Kurang lebih 100 PKBM se-Cianjur atau per wilayah, hadir di arena pertandingan, olahraga PKBM ini dilaksanakan hanya satu hari.

Pertandingan di Cidaun agak berbeda dengan tahun lalu yang gelar di Lapang Jatisari, Kecamatan Bojongpicung.  Untuk memupuk bakat dan kemampuan di tiga cabang olahraha ini, para tutor maupun warga belajar tampil di arena, sekaligus menikmati suasana pantai Jayanti.

Para ketua dan pengurus PKBM pun hadir di arena. Mereka mengapresiasi semangat para pemain yang tampil di lapang bola maupun tenis meja, meereka (pemain) ada yang masih muda maupun yang sudah lanjut usia. “Masing-masing peserta PKBM untuk mengikuti tiga cabang olahraga, voli, sepak bola mini dan tenis meja. Kita selalu hadir setiap diadakan pekan olahraga PKBM,” tutur Ketua PKBM Halimatussa’diah Kecamatan Sukanagara, Rabu (2/9/2020).

Pekan Olahraga PKBM Kabupaten Cianjur 2020, diikuti masing-masing PKBM kecamatan, ada juga atas nama tim wilayah.  Sementara itu, panitia kegiatan POR PKMB mengatakan, dari 167 PKBM se-Cianjur, yang hadir sekitar 80 PKBM yang terakreditasi karena tim PKBM lainnya bisa diwakilkan ke wilayah.

Pantia kegiatan, Muksin, mengatakan POR PKBM ini rutin setiap tahun. Dari POR PKBM banyak hal positif selain silaturahmi antar PKBM juga membangun mental sportif dan meningkatkan semangat belajar masyarakat. Selain berolahraga, juga bisa saling bertukar informasi dalam hal meningkatkan kegiatan belajar di PKBM.

POR PKBM di Cidaun kata Muksin, dilaksanakan selama satu hari dengan mempertandingkan cabang olahraga voli, tenis meja dan sepak bola mini. “Kalau tahun lalu ditambah cabang olahraga egrang, untuk tahun ini hanya tiga cabang, kita menyesuaikan dengan situasi ini,” terang Muksin, usai upacara pembukaan.

Terkait PKBM, Plt, Bupati Cianjur Herman Suherman pernah menekankan, PKBM harus mampu meningkatkan IPM, sebagaimana upaya yang dilakukan Pemkab Cianjur, dan hal itu telah menjadi komitmen dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan nonformal. (sar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: