Kepala Sekolah Dan Guru SDN Jatisari Giat Kawal Pembelajaran Daring

HALLO CIANJUR- Cianjur.

Kepala Sekolah dan Guru di SDN Jatisari, Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung, Kab. Cianjur- Jawa Barat  terus bersinergi  dalam giat pembelajaran daring, walaupun   pembelajaran  yang menggunakan model interaktif berbasis internet.  Selain itu, KS dan Guru di sana tetap merawat dan menjaga kebersihan sekolah, sekalipun terpaksa harus menyapu sendiri.

Menurut Kepala Sekolah SDN Jatisari, Dadang Hidayat S.Pd  ketika ditemui di ruang kerjanya menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 telah membuat dunia pendidikan di Tanah Air terganggu. Termasuk sekolah yang dipimpinnya.

“Pemerintah Kabupaten Cianjur  melalui arahan Disdik telah memberi petunjuk berupa  cara aman agar pendidikan bisa tetap berjalan maksimal dan penyebaran virus corona bisa diminimalisir di lingkungan sekolah,” ujar Dadang Hidayat.

Disebutkan  Kepala Sekolah SDN Jatisari, modelnya adalah pembelajaran dalam jaringan (daring) dari rumah. Namun sayangnya berbagai kendala harus dialami peserta didik, sehingga dinilai tidak mudah. Dengan sistem belajar online, para guru pun mesti dihadapkan dengan sejumlah persoalan yang kerap kali terjadi.

Para Guru  harus bekerja ekstra agar proses belajar mengajar daring tersebut berjalan mulus. Kendala-kendala yang sering terjadi biasanya tak jauh soal murid  yang tidak memiliki gawai, jaringan internet susah hingga kendala teknis lainnya.   Meski pembelajaran dilakukan daring, namun tetap saja mengharuskan para guru SDN Jatisari ini “jemput bola”.

“Murid di sini  yang tak punya smartphone. Itu biasanya kalau ada soal atau materi guru  selalu datang  ke rumahnya. Nanti dikerjakannya. Itu namanya belajar luring (luar jaringan),” kata   Dadang Hidayat.

Selain itu, sebagai guru tentu harus memiliki jiwa ekstra sabar. Sebab selama masa belajar-mengajar secara daring ini para siswa lebih banyak yang kurang efektif dalam menerima materi. Di sisi lain, para siswa juga banyak yang mengeluhkan tidak tersedia­nya paket internet di rumahnya.

Upaya yang dilakukan di SDN Jatisari  Kecamatan Bojongpicung  tersebut, mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur, Awaludin, S.Ag. MH.  “Saya atas nama Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur sangat mengapresiasi guru tersebut. Itulah sejatinya guru, dalam kondisi apapun tetap memberi manfaat untuk kemajuan sekolah dan pendidikan. Semoga semangat ini terus dijaga dan dapat ditularkan atau dicontoh guru-guru yang lainnya. Semangat terus, berjuang tanpa henti. Insya Allah akan dapat manfaat dan pahala dari Allah SWT.” Ujar Awaludin S.Ag. MH.   (WK/HALLOCjr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: