. Ketua STN Jabar, Wendi Hartono: Kelangkaan Pupuk Diduga Ada Penimbunan

HALLO CIANJUR-Cianjur.

Kelangkaan pupuk di Kabupaten Cianjur,  mendapat tanggapan pula  dari Ketua Serikat Tani  (STN) Jawa Barat,  Wendi Hartono. Yang menduga  kelangkaan   akibat penimbunanan  pupuk  sehingga   membuat pupuk mahal.

Dinilai  Ketua Serikat Tani – Jawa  Barat  tersebut,  terjadinya kelangkaan pupuk kita harus menyikapinya, pemerintah setempat  dari mulai Bupati  atau Dinas Peratanian atau dinas dinas terkait  dengan masalah itu harus segera.

“Harus diusut tuntas, jangan jangan adanya penimbunan pupuk agar harga mahal.” Ujar  Ketua Serikat Tani  (SKTN) Jawa Barat,  Wendi Hartono.

Ketua STN  Jawa Barat, menyebutkan bahwa di awal  Desember lalu  pemerintah mengeluarkan kartu tani yang  tujuannya uintuk mempermudah petani  dalam mendapatkan pupuk dengan harga murah akan tetapi sosoialisasi dari pemerintah  Bupati,  dinas sampai desa masih kurang. Sehingga masih banyak yang kurang memahami soal kartu tersebut.

“ Dengan kartu ini untuk apa ? satu sisi pemerintah benar  untuk mensejahtrakan  para petani  akan tertapi  temuan dilapangan  terjadi kalangkaan pupuk,  adanya spakulasi pihak pihak  tertentu, sehingga  kelangkaan pupuk harus disikapi  tegas. “ jangan jangan ada permianan  pupuk agar harga pupuk mahal atau tinggi,” ujarnya.

Ditandaskannya, terjadi kontradiksi,  dimana pamerinntah  dengan dikeluarkannya  kartu tani agar mempermudah petani dapat membeli pupuk murah, namun  kelangkaan pupuk, atau yang ada  saat ini mahal sehingga  terpaksa petani  membeli.  Dengan dimikian terjadi  biaya produksinya  berharga mahal,  tetapi  jumlah  hasilnya  tidak  seimabang.

“Dan  kita bagaimana bisa bicara kadaulatan  pangan atau kemandirian pangan kalau  petani  sendiri diberatkan dengan harga pupuk. “ ujarnya.

Kepada HALLO CIANJUR.Com, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura Kab. Cianjur, Ahmad Nano menyebutkan  bahwa    silahkan tulis lagi permasalahan pupuk subsidi langka.  (DieRR/HALLOCjr).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: